Belajar Adab di Dunia Facebook


Facebook_3474124cBeberapa waktu lalu saya mengalami keanehan dalam wall Facebook saya, ada beberapa notification dari teman yang ketika mengupdate status mereka langsung memberikan “notification” kepada saya, padahal status itu tidak ada hubungannya dengan saya, tidak pula di tag. selidik punya selidik ternyata ada “feature” yg diperkenalkan oleh Facebook dan secara otomatis terpakai oleh wall saya. Saya sempat merasa GeEr (Gede Rasa), wah saya di tag terus nih di status teman-teman, terasa sudah seperti orang terkenal didunia FACEBOOK 🙂

Selidik punya selidik ternyata ada beberapa hal baru yg terjadi di dunia per-Facebook-an, pertama ada namanya “Get notification” yg bisa di non-aktifkan, jadi kalau fitur ini di non-aktifkan pada pojok kanan setelah nama teman kita maka kita tidak akan diberikan notifikasi jika teman tersebut update status, Jadi jangan merasa GeEr lagi dan merasa punya kewajiban me-like, atau komen distatus teman yang memberi “notification” kepada kita, padahal itu karena kesalahan sendiri tidak menon-aktifkan “Get Notification” :). Selain itu ada beberapa pilihan (option) juga di “notification setting” yg bisa dimodifikasi, silahkan menuju setting>notification

Okay, sekarang masalah notification yg gak dibutuhkan beres, dan masih ada masalah lain lagi, kadang kita begitu jengkel melihat wall tiba-tiba muncul iklan yang tidak diundang, ada yg men-tag kita di online shop, Foto tak jelas, apalagi foto yg sangat jelas dengan tidak memakai benang sehelaipun 😛 nah sialnya lagi karena kita di-tag maka ada kemungkinan foto atau link tersebut terlihat pula oleh teman lain yg menjadi “friend” kita. kemudian saya utak atik bagaimana caranya agar kejadian ini bisa diatasi, Kemudian saya masuk Setting tempatnya dipojok kanan atas (kalau pake web browser/login dengan komputer/laptop bukan dengan Handphone), dari setting > Timeline and tag, nah tinggal “on” kan “Review post friends…” dari sini maka setiap ada yg tag kita tidak akan langsung dimuat di wall, akan dikirim ke review box untuk di setujui atau tidak oleh kita, dari sini kita jadi bisa kontrol tampilan wall kita.

Jadi kita tidak usah khawatir jika ada yg tag gambar atau video yang kurang layak dilihat oleh orang lain (tapi bagi kita layak bukan hanya dilihat tapi diplototin hehehe….)

Dua contoh diatas adalah dua hal yg sering terjadi bagi pengguna facebook dan sebenarnya banyak lagi hal yg bisa kita setting untuk “mengamankan” wall kita.

Ada beberapa fitur lagi yang mungkin berguna, misalnya “follow/unfollow” fitur ini bisa di aktifkan di halaman depan jika kita menuju ke wall teman kita, “follow” adalah fitur default (memang sudah diaktifkan oleh Facebook) artinya jika kita follow teman makan setiap dia “update” apapun diwall-nya maka akan muncul di timeline kita, jika kita “un-follow” maka pertemanan tetap terjalin di FB tapi kita tidak “mengikuti” update dari teman tersebut karena tidak tampil di wall kita. ini berguna banget bagi saya jika ada teman yg update toko online melulu atau hal yg begitu2 saja misal nih contoh ada teman foto narsis – padahal gak cantik2 amat cenderung menji**kan tapi tiap saat update foto dirinya dengan berbagai sudut wajah, miring sini miring sana, 15, 30, 45 derajat, mulut monyongin dll, atau foto dia lagi mau tidur atau baru bangun dengan memberi keterangan tempat diatas kasur yg empuk, memang siapa yg tertarik dengan info anda sedang bangun tidur? hehehe… aneh memang, atau ada juga yg statusnya berkeluhkesah selalu (BKSS-ini murni karangan sendiri), saya menyebutnya “sudah tua tapi kelakuan TK”, jadi saya “un-follow” saja, Tetap berteman di FB dan tak mengganggu timeline saya.

Fitur lain adalah “friend/Unfriend”, ini jika mau tak berteman lagi tapi masih bisa di search oleh teman tersebut bisa “Un-friend”, sedang ada namanya fitur “block/unblock”, jika block kepada teman maka teman itu tidak bisa search lagi nama kita di wall nya, biasanya nih Block ini terjadi karena alasan yg sangat-sangat luar biasa, misalnya terhadap mantan 🙂

Adab lain yang bagi saya juga penting adalah adab memberi komen, ada yang menganggap FB hanyalah media sosial yg gak usah dianggap serius, jadi buat “lucu-lucu-an” saja. ada juga yang menganggap FB lah kehidupan nyatanya, sehingga apa yang diwall nya adalah merepresentasikan dirinya (kasian amat ya…).

Maka dari itu kehati-hatian memberikan komen pada foto, status dan aktifitas lain di wall orang adalah penting.

Bagi saya, Wall adalaha seperti halaman rumah, orang mau menulis/upload apa saja adalah hak dia, ini jaman demokrasi bro….tapi jika ada yg mengganggu dan sudah layak untuk di “unfollow” ya tinggal diaktifkan saja fitur itu, simple kan, dan tidak harus mengurangi teman.

Karena wall ibarat rumah maka jika kita memberi komen di wall orang juga ada adabnya, ada aturannya, jika terlibat diskusi di-wall teman selesaikanlah dengan baik2, karena anda tamu di wall itu, jika tidak setuju ungkapkan dengan bahasa sopan logika yang baik dan tentu dengan informatif, bukankah tujuan diskusi adalah mencari solusi atau setidaknya mendapatkan info yg tepat jika terjadi status yg keliru.

intinya timelinemu adalah milikmu, jadi aturlah siapa yang boleh tampil, menyapa dan berinteraksi, itu semua bisa diatur oleh DIRI ANDA SENDIRI.

Catatan lain adalah tak semua orang harus mengerti dan sejalan dengan jalan pikiran kita, semua bisa berseberangan, dan itu tak menghalangi pertemanan disosial media bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *