Membeli Aplikasi dengan Pulsa Telpon

handphoneBeberapa waktu lalu seorang teman di facebook memberi link aplikasi berjudul “Intisari Bhagavad Gita“, kebetulan saya memang sedang mencari aplikasi sejenis untuk bahan bacaan kalau sedang membutuhkan. Setelah saya baca overview di google play, ternyata materi dari aplikasi ini diambil dari buku karya Bapak Anand Krishna yg berjudul “Bhagavad Gita“, Saya memang dari dulu suka membaca karya-karya beliau, karya lengkap beliau bisa dilihat di link ini.

Kembali ke aplikasi Intisari Bhagavad Gita tadi, kemudian saya langsung install seperti menginstall aplikasi biasanya dari google play, setelah semua proses instalasi selesai secara otomatis di handphone saya, kemudian saya membuka aplikasi tersebut, ternyata aplikasi yang terinstall adalah yang versi free alias gratis, sebagaimana aplikasi gratis tentu ada keterbatasannya, ayat Bhagavad Gita yang ada dalam versi free hanya terbatas untuk dua/tiga ayat saja (maaf lupa). Yang menarik dari Aplikasi ini selain sama dengan yang ada di buku juga ada suaranya, artinya kita bisa juga mendengarkan penjelasan satu ayat sambil menyetir misalnya, sungguh praktis. Saya telah membeli versi bukunya, sangat tebal untuk dibawa kemana-mana, dengan adanya versi aplikasi ini membantu saya untuk membaca kapanpun dan dimanapun saat waktu sela misalnya ketika dalam perjalanan ke kantor customer yang rata-rata membutuhkan waktu 1 jam sampai 2 jam.

Singkat cerita, kemudian saya install yang versi berbayar, nah disinilah kemudian masalahnya. Saya belum pernah bertransaksi aplikasi di Google Play, bagaiman caranya? Saya langsung tanya kepada dia yang maha tahu yaitu “paman Google”, dengan mengetik key-word “membeli aplikasi google play” kemudian saya menemukan beberapa option, salah satunya adalah link dari telkomsel ini, kebetulan operator seluler yang saya pakai adalah Telkomsel, horee! pikir saya…

Okay, langsung saja, beginilah caranya:

  1. Masuk ke Google Play Store di Handphone Android, lalu pilih aplikasi yang ingin dibeli dan klik pada harga aplikasi.
  2. Klik tombol ‘Accept’ dan kemudian klik tombol ‘continue’ untuk memilih metode pembayaran kamu
  3. Setelah muncul pilihan metode pembayaran, klik pada ‘Payment methods’ untuk memilih pembayaran dengan pulsa Telkomsel.
  4. Untuk pembayaran dengan langsung menggunakan pulsa Telkomsel kamu, pilih “Enable Telkomsel billing”
  5. Masukkan informasi alamat pembayaran untuk disimpan di dalam account Google anda. Setelah dilengkapi klik ‘Save’
  6. Klik ‘Accept’ untuk menyetujui ‘Syarat dan Ketentuan’ yang berlaku untuk pembayaran dengan menggunakan pulsa Telkomsel.
  7. Setelah pembayaran menunjukkan ‘Bill my Telkomsel account’, klik tombol ‘Buy’. Jangan lupa untuk harga pembelian dengan menggunakan pulsa akan ditambahkan PPN 10% dan biaya jasa sebesar 2%
  8. Masukkan password dari account Google anda untuk konfirmasi pembayaran
  9. Jika pembelian sukses dilakukan maka anda akan menerima SMS konfirmasi sukses pembelian dari Google Play Store yang berisi informasi nama item yang anda beli berikut dengan biaya yang dibayarkan dengan pulsa Telkomsel.
  10. Dan pulsa anda terpotong sesuai dengan harga aplikasi + pajak 10% + jasa 2%.

Syarat lain sebelum melakukan tahap-tahap diatas adalah:

  1. Anda harus sudah install aplikasi Google Play Store di handphone.
  2. Anda punya account Google sebelumnya, ini sebenarnya cuma alamat email Google.
  3. Pastikan masih ada sisa pulsa seharga aplikasi yang akan dibeli ditambah pajak dan uang jasa.
  4. Langkah-langkah diatas hanya untuk kartu Telkomsel.

Sebagai informasi aplikasi yang saya beli ini seharga Rp 10.000, ditambah pajak dan biaaya jasa menjadi Rp.11.200, murah kan?

Bagaimana dengan anda yg menggunakan operator selain Telkomsel? Silahkan tanya paman google 🙂

Demikian kira-kira pengalaman saya membeli aplikasi dengan pulsa, selamat mencoba.

Sumber lengkap ada disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *